Assalamualaikum..

Mencoba menyelaminya sekali lagi...
Hidup adalah memaknai apa yang kita dapat dan mensyukuri apa yang kita terima..

Selasa, 19 Oktober 2010

Pesan 'Para Priyayi'


Dulu, waktu masih ABG. ciee..maksudnya waktu masih sekolah SMA gitu lhoo, aku pernah membaca novel para priyayi karya umar kayam. Menurut aku novel itu njawani banget, baik dalam setting, tokohnya, bahasa yang digunakan dll. Sebagai wong jowo, aku menikmati membaca alur ceritanya meski buat aku novel ini rada berat, aku bisa menangkap isi pesan novel itu. Secara aku orang jawa tulen.hehe..
Ada beberapa pesan dalam bahasa jawa menurutku bagus banget seperti:

" Ngelmu iku, kalakone kanti laku" _ Ilmu itu akan terlaksana lewat upaya keras.

Maksudnya: Ilmu pengetahuan itu dapat dicapai bila kita melaksanakan dengan laku, yaitu usaha yang keras penuh prihatin. Bila kita melakasanakan maka akan memperkokoh kemampuan kita menundukkan dur angkara / perbuatan jahat.


" Pada gulangen ing kalbu , ing sasmita marih lantip.." _ Berlatihlah dalam batin dan tanda2 agar kalian peka.

Maksudnya: Untuk melatih batin serta melatih menangkap tanda2 agar meningkat kepekaan kita, kita hendaknya jangan hanya makan tidur saja. Usahakanlah dengan sungguh2 keprihatinan itu dengan tujuan mencapai keperkasaan maka kurangi makan tidurmu.

" Kecekel iwake, ojo nganti butek banyune." _ Ikan bisa ditangkap tanpa harus membuat airnya keruh.

Maksudnya: Menyelesaikan masalah tanpa harus membuat masalah lain.

ckckck...berat emang bwt dipraktekin.bisa ngga ya aku?? hehe..
Masih banyak sih pesan lainnya, tapi lupa.he..kalo pengen tahu baca aja sendiri y?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar